Belajar Investasi Part 5: Takut Saham? Cobalah Reksadana

Bagi yang ingin mencoba bermain saham, tetapi hanya punya modal yang sedikit, bisa mencoba

Cobalah Reksadana

reksadana

Reksadana adalah wadah dan pola pengelolaan dana/ modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi dalam instrumen-instrumen investasi yang tersedia di Pasar dengan cara membeli unit penyertaan reksadana. Dana ini kemudian dikelola oleh Manajer Investasi (MI) ke dalam portofolio investasi, baik berupa saham, obligasi, pasar uang ataupun efek/sekuriti lainnya (sumber: Wikipedia).

Menurut Undang-undang Pasar Modal nomor 8 Tahun 1995 pasal 1, ayat (27): “Reksadana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat Pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio Efek oleh Manajer Investasi.”

Dari kedua definisi di atas, terdapat empat unsur penting dalam pengertian Reksadana yaitu:

  1. Reksadana merupakan kumpulan dana dan pemilik (investor).
  2. Diinvestasikan pada efek yang dikenal dengan instrumen investasi.
  3. Reksadana tersebut dikelola oleh manajer investasi.
  4. Reksadana tersebut merupakan instrumen jangka menengah dan panjang.

Bagi pemilik modal sedikit dan ingin iseng ingin menginvestasikan uangnya, bisa mencoba membeli produk reksadana. Saat ini banyak perusahaan Manajer Investasi/ sekuritas bekerja sama dengan bank untuk menjual reksadana dengan harga mulai Rp 100ribu-an. Bagi yang punya uang banyak, ingin mencoba pasar saham tetapi tidak mau repot juga bisa mencoba reksadana. Karena reksadana jauh lebih simple daripada kita harus membeli saham secara langsung. Meskipun bagi yang suka mengambil risiko besar, bermain saham secara langsung juga bisa dicoba.

Berikut ini adalah daftar APERD (Agen Penjual Reksa Dana) yang resmi dari OJK

Daftar Apred.jpg

sumber: OJK

Mayoritas agen penjual reksadana adalah Bank. Sepertinya tujuannya adalah memudahkan nasabah yang ingin membeli reksadana bisa langsung menghubungi bank karena biasanya cabang sekuritas masih terbatas dikota-kota besar saja.

Pengalaman Pribadi Membeli Reksadana

Kebetulan gue sudah punya reksadana. Ada teman di Surabaya menceritakan kalau dia sudah memiliki reksadana di Panin Sekuritas senilai Rp 1 juta. Hanya saja dia bercerita kalau nilai reksadananya saat ini sudah turun sekitar Rp 800ribu saja. Sebab dia membeli produk reksadana campuran, dimana sebagian besar dananya diinvestasikan dalam bentuk saham. Harga saham yang fluktuatif dan cenderung turun akhir-akhir ini berdampak pada nilai reksadana yang dia miliki juga ikut menurun.

Kebetulan pengalamn gue bikin reksadana pada saat gue bekerja di Bengkulu.  Susah sekali mencari perusahaan sekuritasd di Bengkulu. saat ini saya bekerja di Bengkulu dan sangat kesulitas mencari perusahaan sekuritas disini. Ketika gue coba kontak Panin Sekuritas, cabang terdekat adalah cabang di Palembang dan dokumen pembelian reksadana harus di kirimkan via pos. Begitu juga ketika menghubungi pihak Mandiri Sekuritas, dokumennya harus di kirimkan ke Jakarta. Ketika bertanya ke pihak Bank Mandiri mereka bisa membantu, hanya saja dokumen tetap harus dikirimkan ke Jakarta. Ribet banget, kan.

reksadana-di-bank-sinarmas

Akhirnya, gue ketemun sama produk dari Sinarmas Sekuritas. Kebetulan di Bengkulu juga ada Bank Sinarmas. Dan ternyata pembelian reksadana di Bank Sinarmas amat sangat mudah. Kita hanya diwajibkan membuat buku tabungan baru kemudian kita bisa langsung membeli reksadana di bank Sinarmas dimana Bank Sinarmas sebagai APRED bekerjasama dengan Sinarmas Sekuritas (atau Sinarmas Asset Management) untuk pembelian produk reksadana. Singkatnya gue bikin tabungan baru di bank Sinarmas, dan reksadana di Bank Sinarmas.

Sinarmas Sekuritas.jpg

Produk yang ditawarkan pun bermacam-macam., dengan garis besar:

1.Reksadana Pasar Uang, dana kita mayoritas diinvetasikan di pasar uang dengan risiko lebih tinggi dari reksadana pendapatan tetap.

2.Reksadana Pendapatan Tetap, dana kita diinvestasikan mayoritas ke obligasi/ surat hutan negara untuk menjaga risiko yang rendah dengan return lebih tinggi dari bunga deposito di bank.

3.Reksadana Campuran adalah produk campuran dimana dana investasi kita diinvestasikan mayoritas ke pasar saham, dan sebagian kecil ke pasar uang dan pendapatan tetap. Risikonya memang tidak setinggi reksadana saham.

4.Reksadana Saham adalah produk dengan risiko tertinggi dimana sebagaian besar dananya diinvestasikan ke pasar saham.

Kemudahan pembelian reksadana di Bank Sinarmas salah satunya adalah kita bisa langsung mengaktifkan internet banking melalui aplikasi Simobi Plus (Sinarmas Mobile Plus). Kita bisa melakukan transfer, cek saldo bahkan cek nilai reksadana kita langsung dari handphone kita. Kita juga bisa mengecek reksadana kita dari web online, Sinarmas Online Banking. Selain itu, untuk produk tertentu seperti Simas Danamas Saham pembelian awal reksadana hanya Rp 200ribu dengan minimum pembelian berikutnya adalah Rp 200ribu.

Untuk informasi produk lain bisa dibuka langsung di Sinarmas Sekuritas, untuk informasi kinerja reksadana Sinarmas, bisa cek di Sinarmas Reksadana Online atau bisa buka langsung Sinarmas Asset Management.

internet-banking-sinarmas

Tampilan i-bank Sinarmas (Internet Banking)

Gue sendiri bukan agen penjual reksadana di Sinarmas, kebetulan gue cuma share pengalaman, ternyata membeli reksadana saat ini begitu mudah dan gampang. Sebenarnya ada juga perusahaan sekuritas reksadana milik pemerintah, yaitu Danareksa.

danreksa

Untuk kinerja masing-masing Manajer Investasi (perusahaan skeuritas) berbeda-beda. Tapi secara umum, kinerja reksadana pasar saham, reksadana pasar uang dan reksadana campuran sedang turun. Kenaikan reksadana pendapatan tetap juga tidak begitu kinclong, hanya saja masih postif dan lebih baik dari ketiga reksadana diatas. Pendapat pribadi, untuk investasi kurang dari 3 tahun reksadana pendapatan tetap masih lebih baik daripada deposito. Hanya saja jika rencana investasi diatas 3 atau bahkan diatas 5 tahun lebih baik mengambil reksadana pasar saham. Risiko memang besar, hanya saja secara historis kinerjanya diatas 5 tahun menghasilkan return yang sangat menguntungkan.

taufikagungw-sign

Taufik Agung Widodo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *